BUNGKAR PASANG JARING-JARING MAKANAN

Oleh: Sutaryoto, S.Pd
(SMP Negeri 2 Secang)
 

A.Latar Belakang

Pembelajaran yang bervariasi dan berdiferensiasi sangat dibutuhkan guna mewujudkan pembelajaran yang berpihat pada murid dan akhirnya dapat mewujudkan pelajar yang berkarakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Untuk meujudkan hal tersebut kita harus menerapkan juga penggunaan media belajar yang dapat memenuhi gaya belajar siswa yang berbeda-beda yaitu audiotori, visual dan kinestetik.
Di Dunia yang semakin modern serba instan kepedulian terhadap lingkungan terutama sampah/limbah juga semakin menumpuk dan tidak tertangani dengan baik yang menyebabkan beberapa dampak bagi kehidupan manusia itu sendiri.
Dengan latar belakang tersebut maka saya mencoba untuk membuat media belajar yang yang menarik, simpel, menyenangkan dan dibuat dengan bahan limbah/sampah yang tidak digunakan lagi sehingga dapat mengurangi dan memberikan motivasi untuk memanfaatkan limbah/sampah menjadi lebih bermanfaat terutama untuk media belajar siswa.
 

B.Waktu dan Tempat Pembuatan

Hari/tanggal             : Sabtu/23 Desember 2023
Pukul                      : 09.00 – selesai
Tempat                   : SMP N 2 Secang
 

C.Tujuan

Dengan media belajar bungkar pasang jaring-jaring makanan ini mampun menciptakan pembelajaran yang simpel dan menyenangkan sehingga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dan akhirnya dapat menciptkan pembelajaran yang berpihak padan anak.
 

D.Manfaat

Media Bungkar pasang ini dapat digunakan dalam pemebelajaran IPA khususnya untuk sub materi interaksi antar mahkluk hidup dalam suatu ekosistem.
 

E.Alat dan Bahan

  1. Kardus
  2. Kertas hvs
  3. Lem
  4. Gunting
  5. Laptop
  6. Printer
  7. Internet
  8. Isolasi
 

F.Cara pembuatan

  1. Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
  2. Membuat bagan jaring-jaring makanan yang akan dibuat.
  3. Mencari gambar mahkluk hidup yang sesuai bagannya
  4. Print out gambar-gambar tersebut dengan ukuran yang sama.
  5. Potong gambar tersebut kemudian tempel pada kardus.
  6. Potong kardus yang telah ditempeli gambar tersebut.
  7. Buat bagan jaring-jaring pada kardus sesuaikan dengan ukuran potongan kardus yang teah dibuat
  8. Lapisi semua bagian dengan isolasi agar media awet dan lebih menarik.
 

G.Cara Pengunaan

  1. Bungkar semua susunan Bungkar pasang jaring-jaring makanan
  2. Susun Garmabr tersebut sesuai dengan ketentuan yang benar
  3. Carilah rantai-rantai makanan penyusun jaring-jaring makanan tersebut
  4. Carilah alternatif solusi jika salah satu mahkluk hidup penyusun jaring-jaring diambil/mati
  5.  

H.Kesimpulan

Media cukup efektif untuk pembelajaran IPA kelas 7 pada sub Bab interaksi antar mahkluk hidup. Pembelajaran jadi semakin menarik dan mengasikkan, belajar dapat dinikmati karena dilakukan dengan bermain.